Text
Peran Apresiasi dalam Meningkatkan Minat Belajar PAI di SD Negeri 2 Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya
Apersepsi harus dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 2 Blangpidie, dengan tujuan agar siswa termotivasi dalam belajar dan selalu mengingat akan materi yang telah diberikan oleh guru. Bahkan siswa menjadikan dirinya mampu untuk menjawab soal-soal dan tugas apapun bentuk dan jenisnya. Rumusan masalahnya adalah apakah guru PAI ada menerapkan apersepsi pada siswa sebelum masuk dalam materi pelajaran? teknik bervariasi apa saja yang diterapkan guru PAI ketika proses belajar mengajar berlangsung untuk meningkatkan minat belajar pada siswa? dan kendala apa saja yang sering dihadapi dalam penerapan apersepsi untuk meningkatkan minat belajar PAI pada siswa? Metode penelitian terdiri, metode kajian pustaka dan metode lapangan, terdiri dari angket, observasi dan wawancara. Hasil penelitian yang penulis peroleh adalah, penerapan apersepsi ada diterapkan oleh guru PAI pada siswa sebelum masuk dalam materi pembelajaran. Bentuk apersepsi tersebut antara lain guru PAI tidak menjelaskan secara tergesa-gesa pada siswa, guru PAI mengulang-ngulang penjelasan pada siswa dengan metode yang lambat dan menerapkan kondisi tubuh yang berputar ke sudut kiri dan kanan di saat menjelaskan materi apersepsi kepada siswa. Kendala-kendalanya antara lain: sikap malasnya siswa dalam mendengarkan penjelasan guru PAI dalam apersepsi, kekurangan fasilitas, sarana dan prasarana yang berhubungan dengan mata pelajaran agama Islam dan juga sikap tidak semangatnya siswa dalam proses belajar mengajar berlangsung, terkhusus pada saat apersepsi diterapkan.
STIT-03403 | 001.43 REN p | My Library (000) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain