Text
Formasi Strategi Pembelajarn Mata PelajaranFiqh di Kelas IV pada MIS Muhammadiyah Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya
Formulasi strategi pembelajaran adalah perumusan taktik yang digunakan guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar agar dapat mempengaruhi peserta didik untuk mencapai tujuan pengajaran secara efektif dan efisien. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian lapangan yang pembahasannya berkaitan dengan Formulasi Strategi Pembelajaran Mata Pelajaran Fiqih di MIS Muhammadiyah Blangpidie. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui formulasi strategi pembelajaran dan faktor penghambat dalam penerapan strategi pembelajaran pada mata pelajaran fiqih kelas IV MIS Muhammadiyah Blangpidie. Dalam mengelolah data-data yang diperoleh di lapangan, penulis menggunakan metode deskriptis analitis. Kemudian menganalisa data yang diambil dari hasil observasi, wawancara, angket dan dokumentasi, serta didukung oleh data-data primer dan sekunder sebagai pelengkap penulisan. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan tersebut menunjukkan bahwa Formulasi strategi pembelajaran mata pelajaran Fiqih kelas IV MIS Muhammadiyah Blangpidie sudah berjalan dengan baik. Ada tiga formulasi strategi pemebelajaran yang dilakukan oleh guru Fiqh kelas IV di MIS Muhammadiyah Blangpidie, yaitu menyusun materi yang singkat dan sederhana sehingga mudah dipahami oleh siswa, menyusun soal-soal yang mudah dan sesuai dengan kemampuan siswa, memberikan informasi kepada siswa tentang materi yang akan diajarkan pada pertemuan berikutnya. Terdapat beberapa faktor penghambat guru dalam menerapkan strategi pembelajaran Fiqih di kelas IV MIS Muhammadiyah Blangpidie di antaranya tidak menguasai cara mengajar dengan menggunakan strategi pembelajaran tertentu, malas menggunakan strategi pembelajaran disebabkan kesibukan dan tidak semua murid menyukai strategi pembelajaran yang sedang digunakan guru dalam mengajar.
STIT-03402 | 001.43 HAF f | My Library (000) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain