Text
Peran Pondok Pesantren Nurussalam terhadap Pembentukan Karakter Santri di Desa Rubek Meupayong Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya
Pembetukan karakter merupakan sebuah usaha untuk mendidik anak-anak agar dapat berperilaku dengan bijak dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga mereka dapat memberikan kontribusi yang positif terhadap lingkungannya. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana peran pondok pesantren Nurussalam dalam pembentukan karakter santri, upaya apa saja yang di lakukan pesantren Nurussalam dalam pembentukan karakter santri, apa saja kendala yang di hadapi pesantren Nurussalam dalam pembentukan karakter santri di Desa Rubek Meupayong Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran pondok pesantren Nurussalam dalam pembentukan karakter santri, untuk mengetahui upaya apa saja yang di lakukan pesantren Nurussalam dalam pembentukan karakter santri, untuk mengetahui apa saja kendala yang di hadapi pesantren Nurussalam dalam pembentukan karakter santri di Desa Rubek Meupayong Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya. Dalam pembahasan Skripsi ini, penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui field research, seperti observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Peran pesantren Nurussalam dalam membentuk karakter santri yaitu, menerapkan model materi umum, memberi pondasi aqidah, gemar beribadah, akhlak mulia, memberi nasihat, dan memberikan hadiah, upaya pesantren Nurussalam terhadap pembentukan karakter santri dengan cara, Mengacu pada kurikulum non formal 70% agama dan 30% umum, menjalakan perintah Allah, menjauhi larangan Allah, mengetahui kedudukan Rasulullah, mencintai Rasulullah, menjaga lisan, mengucapkan salam, shalat berjama’ah, menghafal Al-Qur’an, berakhlak kepada Allah, berakhlak kepada Rasulullah, dan berakhlak kepada diri sendiri dan sesama, kendala yang di hadapai pasantren Nurussalam yaitu latar belakang santri yang berbeda, ekonomi, lingkungan keluarga, masyarakat, kepribadian santri, kurangnya dukungan orang, dan sarana dan prasarana yang kurang memadai.
STIT-03405 | 001.43 IIS p | My Library (000) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain