Text
Penerapan Model Pembelajaran Word Squre dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama ISlam di SMP Negeri 2 Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP 2 Susoh kurang melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran dan cenderung berpusat pada guru, hal ini terlihat dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang berlangsung masih dalam bentuk transfer pengetahuan dari guru ke siswa (secara konvensional). Pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru diawali dengan menjelaskan, kemudian siswa diminta menyalin di buku catatan, selanjutnya guru memberikan soal untuk dikerjakan oleh siswa, siswa kurang diberikan kesempatan dalam menemukan sendiri setiap konsep pembelajaran yang diberikan, siswa tidak dibimbing untuk belajar efektif dan kreatif. Model pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang kurang bervariasi akan membuat para siswa merasa bosa dan jenuh, oleh karena itu guru harus mempunyai sebuah kemampuan khusus yang mampu menjadikan Pendidikan Agama Islam itu suatu bidang studi yang menyenangkan yaitu dengan menerapkan model pembelaran, salah satu satunya adalah model pembelajaran Word Square. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Prestasi belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMP Negeri 2 Susoh sudah baik, (2) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Word Square terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMP Negeri 2 Susoh. Dalam mengelolah data-data yang diperoleh di lapangan, penulis menggunakan metode deskriptis analitis. Kemudian menganalisa data yang diambil dari hasil observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan tersebut menunjukkan bahwa penggunaan model Word Square sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Susoh. Hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sangat bagus di atas nilai KKM ≥ 66% setelah penerapan model Word Square dengan nilai rata-rata 78.24 dan ketuntasan kelas 88.24.
STIT-03415 | 001.43 JUN p | My Library (000) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain