Text
Penyelesaian Pekerjaan Rumah (PR) Mata Pelajaran Al-Quran Hadits dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas V MIN Alue Sungai Pinang Kecamatan Jeumpa Kabupaten Aceh Barat Daya
Masih banyaknya siswa MIN Alue Sungai Pinang yang tidak pernah mengerjakan PR dirumah, yang mempengaruhi mereka dikarenakan mereka asik bermain diluar jam pendidikan. Hal tersebut merupakan sebuah perbuatan yang tidak baik dan dapat juga disebabkan oleh orang tua mereka sendiri, karena kurangnya pengawasan dalam menyelesaikan PR dirumah. Selain orang tua, guru juga berperan dalam tidak maunya siswa mengerjakan PR dirumah, hal itu disebabkan materi ajar yang disampaikan oleh guru siswa tidak dapat menangkapnya, melenceng antara materi ajar dengan PR yang diberikan. Dari masalah tersebut penulis mengangkat skripsi ini dengan judul “Penyelesaian Pekerjaan Rumah (PR) Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas V Min Alue Sungai Pinang Kecamatan Jeumpa Kabupaten Aceh Barat Daya”. Yang menjadi rumusan masalah adalah metode apakah yang digunakan guru dalam meningkatkan minat belajar siswa dalam menyelesaikan PR dirumah, apa saja faktor-faktor yang mendorong dan menghambat siswa dalam menyelesaikan PR dirumah serta usaha apa yang dilakukan siswa dalam meyelesaikan PR dirumah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui metode apa yang digunakan guru dalam meningkatkan minat belajar siswa, faktor-faktor apa saja yang mendorong dan menghambat siswa dalam menyelesaikan PR dirumah dan usaha apa yang dilakukan siswa dalam meyelesaikan PR dirumah. Metode yang penulis gunakan adalah metode analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui sumber library reserch (penelitian perpustakaan), field research (penelitian lapangan), interview, ujian test dan penyebaran angket kepada responden. Yang menjadi populasi adalah seluruh siswa MIN Alue Sungai Pinang yaitu 227 siswa, dan sampelnya adalah siswa kelas V MIN Alue Sungai Pinang sebanyak 34 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya beberapa metode yang digunakan guru dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas V MIN Alue Sungai Pinang sudah sangat efektif sehingga siswa sudah sangat memahami metode yang digunakan oleh gurunya, dari beberapa faktor-faktor yang mendorong dan menghambat siswa dalam menyelesaikan PR dirumah, meskipun siswa dihambat oleh faktor yang membuat mereka malas untuk meyelesaikan PR, tetapi siswa tetap meyelesaikan PR dirumah serta adanya usaha yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan PR dirumah sudah maksimal sehingga siswa sangat berminat untuk menyelesaikan PR dirumah dengan usaha mereka sendiri. Berdasarkan hasil pengolahan data penelitian, maka hipotesis yang pertama dan kedua dapat terbukti kebenarannya sehingga hipotesis diterima, sedangkan hipotesis yang ketiga tidak terbukti kebenarannya sehingga hipotesis ditolak.
STIT-03417 | 001.43 ELF p | My Library (000) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain