Text
Implikasi Psikologi Pendidikan dan Agama Islam Menurut Chalidjah Hasan
Implikasi dalam setiap pendidikan agama Islam untuk mewujudkan pendidikan yang lebih baik sesuai dengan kaidah-kaidah Islam dan sunnah Rasul, agar tidak melenceng maka diperlukan berbagai kajian-kajian dalam pendidikan dan agama Islam itu sendiri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana konsep psikologi pendidikan dalam pendidikan Islam menurut Chalidjah Hasan, bagaimana hubungan psikologi pendidikan dalam pendidikan Islam menurut Chalidjah Hasan, bagaimana upaya melakukan implikasi psikologi pendidikan dalam pendidikan Islam menurut Chalidjah Hasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana konsep psikologi pendidikan dalam pendidikan Islam menurut Chalidjah Hasan, untuk mengetahui bagaimana hubungan psikologi pendidikan dalam pendidikan Islam menurut Chalidjah Hasan, untuk mengetahui bagaimana upaya melakukan implikasi psikologi pendidikan dalam pendidikan Islam menurut Chalidjah Hasan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan lebih spesifiknya adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan metode pendekatan historis dan filosofis serta content analisys, kemudian hasil dari penelitian ini disajikan dalam bentuk deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implikasi psikologi pendidikan dan agama Islam menurut Chalidjah Hasan bahwa analisis dalam amplikasinya yang berkaitaan psikologi pendidikan dan agama Islam berdasarkan kasih sayang dan bimbingan kejiwaan diarahkan pada pembentukan nilai-nilai iman. Keduanya memiliki hubungan timbal balik. Dengan demikian, kesadaran agama dan pengalaman agama dibentuk melalui proses bimbingan terpadu dalam pendidikan.
STIT-03421 | 001.43 NUR i | My Library (000) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain