Text
Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Ranah Efekrtifias Siswa DI MTSN Ungguk Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya
Ranah afektif adalah ranah yang berkaitan dengan sikap dan nilai. Ranah afektif dapat mencakup watak perilaku seperti perasaan, minat, sikap, emosi dan nilai. Yang menjadi rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana peranan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan ranah afektif siswa di MTsN Unggul Susoh dan apa kendala yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan ranah afektif siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam di MTsN Unggul Susoh dalam mengembangkan ranah afektif siswa dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dapat mengembangkan ranah afektif siswa. Dalam mengelolah data-data yang diperoleh di lapangan, penulis menggunakan metode deskriptis analitis. Kemudian menganalisa data yang diambil dari hasil observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan tersebut menunjukkan bahwa peranan guru Pendidikan Agama Islam di MTsN Unggul Susoh sudah sangat baik dalam mengembangkan aspek perasaan dan aspek emosional siswa dalam proses pembelajaran, yaitu pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di dalam kelas, pembinaan melalui kegiatan IMTAQ (iman dan taqwa), melakukan bimbingan khusus, kegiatan Ekstrakurikuler dan kerja sama dengan orang tua/wali siswa. serta adanya kendala dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan ranah afektif siswa, di antaranya perbedaan latar belakang siswa, masih kurangnya dukungan orang tua, kurangnya kerjasama dengan guru lain, kurangnya minat dan kesadaran siswa dan perkembangan IPTEK.
STIT-03425 | 00143 AGUS p | My Library (000) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain