Text
Konsep Uswatun Hasanah pada Guru Menurut Pendekatan Studi Islam
Guru sebagai seorang pendidik yang memberi pengaruh besar kepada pengatahuan serta karakter anak didik. Menjadi seorang guru hendaknya mempunyai teladan yang baik untuk dicontoh anak didik. Teladan baik yang perlu diterapkan guru bisa dari tutur kata, tatakrama maupun contoh perilaku baik dalam kehidupan sehari-hari. Kemudian guru menjadi figur teladan, tindakan dan sikapnya menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi anak didiknya. Akan tetapi pada masa sekarang ini masih banyak guru yang belum mampu memberikan uswatul hasanah kepada anak didiknya sehingga untuk mendidik perilaku siswa sulit dilakukan dengan baik. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam pembahasan ini adalah bagaimana menumbuhkan mindset uswatun hasanah guru ideal. Kemudian bagaimana strategi penerapan uswatun hasanah bagi guru. Selanjutnya bagaimana padangan guru dalam konsep Islam. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik studi kepustakaan (Library Risearch) yaitu menganalisis masalah yang akan dibahas dengan cara mengumpulkan data-data kepustakaan, sedangkan sumber datanya diperoleh melalui sumber data primer dan sekunder, kemudian dianalisis dengan Content Analiysis dan Hermeunetik Analiysis. Selanjutya memberi kesimpulan bahwa, guru yang ideal adalah sosok yang mengabdikan diri berdasarkan panggilan jiwa, panggilan hati nurani, bukan karena tuntutan uang belaka, yang membatasi tugas dan tanggung jawabnya sebatas dinding sekolah. Guru yang ideal selalu ingin bersama anak didik di dalam dan di luar sekolah, untuk menjadi pendidik atau guru yang ideal, mengikuti qudwah teladan dari Rasulullah SAW. Uswatun hasanah guru sangat penting bagi pendidikan moral siswa. Bahkan hal itu jauh lebih bermakna, dari sekedar nasehat secara lisan. Kemudian guru dalam Islam diposisikan sebagai mualim yaitu orang mentransfer ilmu agama Islam kepada peserta didiknya untuk menjadi orang yang bermartabat serta berakhlak mulia, serta menjadi panutan baik bagi peserta didiknya maupun bagi masyarakat.
STIT-03428 | 001.43 MAS k | My Library (000) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain