Text
Pengaruh Mata Pelajaran Aqidah Akhlak dalam Membentuk Akhlak Siswa di MTsS Lamainong Kecamatan Kuala Batee Kabupaten Aceh Barat Daya
Aqidah akhlak merupakan sikap yang telah melekat pada diri seseorang, Jika perbuatan itu baik, maka disebut akhlakul mahmudah, akan tetapi apabila tindakan spontan itu tercela maka disebut akhlakul madzmumah, yang menjadi permasalahan disini adalah mengenai akhlak siswa, dimana sebelum diadakannya pelajaran yang membahas tentang masalah akhlak atau dengan kata lain norma, maka siswa banyak yang tidak terarah, maka dengan masalah tersebut penulis dapat menarik beberapa rumusan masalah yaitu : apakah dengan adanya mata pelajaran Aqidah Akhlak Akhlak siswa menjadi lebih baik?, upaya-upaya apa saja yang dilakukan guru dalam membentuk akhlak siswa, apasaja hambatan yang dialami guru dalam membentuk akhlak siswa di MTSS Lamainong Kecamatan Kuala Batee Kabupaten Aceh Barat Daya?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan pengaruh mata pelajaran Aqidah Akhlak prestasi siswa lebih meningkat, untuk mengetahui upaya-upaya apa saja yang dilakukan guru dalam membentuk akhlak siswa, untuk mengetahui apasaja hambatan yang dialami guru dalam membentuk akhlak siswa di MTSS Lamainong Kecamatan Kuala Batee Kabupaten Aceh Barat Daya. Dalam pembahasan Skripsi ini, penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui field research, seperti observasi, angket, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya mata pelajaran akidah akhlak dapat merubah tingkah laku siswa menjadi baik sehingga pelaksanaan proses belajar dan mengajar etika siswa terhadap guru dapat terkendali sesuai dengan apa yang diharapkan, ada beberapa upaya yang dapat dilakukan seperti memberikan nasehat, menyalurkan ilmu pengetahuan, dan memberikan contoh bagaimana tata cara beretika yang baik, penyebab hambatan yang dialami guru yaitu dari segi sarana dan prasarana yang kurang mendukung, buku panduan yang kurang lengkap, dan kurangnya ilmu pengetahuan, karena kurangnya pelatihan-pelatihan yang didapatkan oleh guru.
STIT-03430 | 001.43 AGU p | My Library (000) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain