Text
Metode-Metode Guru PAI dalam MEngatasi Siswa Bermasalah di MTsN Blangpidie
Skripsi ini berjudul “Metode-metode Guru PAI dalam Mengatasi Siswa yang Bermasalah di MTsN Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya” untuk memperoleh data tersebut penulis telah mengadakan observasi kelapangan serta mewawancarai Kepala Sekolah/Madrasah dan Guru Agama, dan angket yang disebarkan kepada 4 sampel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu suatu metode penelitian yang tertuju kepada pemecahan masalah yang ada masa kini atau masa sekarang. Sedangkan tehnik pengumpulan data dilakukan dengan penelitian Library Research (penelitian perpustakaan) dan Fiel Rearch (penelitian lapangan) dengan cara observasi, wawancara, dan angket. Adapun teknik yang dipakai dalam penelitian Karya Tulis Ilmiah ini, berpedoman kepada buku Panduan Karya Tulis Ilmiah yang dikeluarkan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Aceh Barat Daya Tahun 2016. Media Pendidikan merupakan sarana yang digunakan dalam rangka mewujudkan metode-metode guru PAI dalam mengatasi siswa yang bermasalah dalam proses pembelajaran disekolah. Sedangkan pendidikan agama Islam adalah upaya sadar dan terencana yang diberikan kepada anak berdasarkan perkembangan perasaan ketuhanan pada diri anak. Maka dalam rangka mengatsi siswa bermasalah harus didukung oleh penggunaan metode-metode yang sesuai dan tepat khususnya dalam pembelajaran Agama Islam. Karena melalui pendidikan agama akan terbentuk manusia berakhlak mulia dan bertaqwa kepada Allah SWT serta menambah keyakinan kepada diri sendiri, sesuai dengan tujuan pendidikan agama yang ingin dicapai, yaitu meningkatkan keimanan, pemahaman, penghayatan dan pengalaman tentang Islam, sehingga menjadi manusia muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Guru PAI sangat berperan aktif dalam mengatasi siswa bermasalah. Hal ini dapat dilihat dari 75% responden menjawab guru PAI berperan dalam mengatasi bila ada siswa. Siswa bermasalah dapat diatasi melalui metode-metode yang dilakukan guru PAI, hal ini dapat dilihat dari 100% responden menjawab ya mereka punya cara sendiri untuk mengetahui kepribadian siswanya. Kendala-kendala yang dihadapi guru PAI dalam mengatasi siswa bermasalah, hal ini dapat dilihat dari 75% responden menjawab kadang-kadang ada kendala bagi guru dalam mengatasi siswa.
STIT-03435 | 001.43 MER m | My Library (000) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain