Text
Keterampilan Guru PAI dalam Melatih Kecerdasan Emosional Siswa Kelas III di SD Negeri 3 Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya
Dalam proses belajar mengajar siswa sering sekali mengeluh, bosan, cepat marah, sakit hati terhadap guru dan lain sebagainya. Semua itu adalah bahagian atau jenis dari emosional siswa, maka untuk menyetabilkan emosional tersebut, perlu strategi guru PAI untuk melatih kecerdasan emosianal masing-masing siswa. Dengan demikian, dapat menjadikan siswa lebih terkontral dalam semua jenis emosional tersebut, serta pada akhirnya mereka mampu belajar dengan baik dan selalu serta terus termotivasi dalam belajar. Rumusan masalahnya adalah apakah kemampuan guru PAI dalam melatih kecerdasan emosional siswa dapat meningkatkan semangat dan prestasi belajarnya? dan apakah rasa sedih, bosan, panik dan sebagainya akan berubah ke arah lebih baik pasca guru PAI melatih kecerdasan emosional pada siswa? Tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui kemampuan guru PAI dalam melatih kecerdasan emosional siswa agar meningkat semangat dan prestasi belajarnya dan untuk mengetahui rasa sedih, bosan, panik dan sebagainya akan stabil atau tidak pasca guru PAI melatih kecerdasan emosional pada siswa. Metode penelitian terdiri, metode kajian pustaka dan metode lapangan, terdiri dari angket, observasi dan wawancara. Hasil penelitian yang penulis peroleh adalah, semakin tingginya keterampilan guru PAI dalam melatih kecerdasan emosional siswa di SD Negeri 3 Susoh, maka akan menjadikan siswa berhasil dan sukses dalam belajarnya. Adanya perubahan keadaan dan kondisi siswa kelas III yang lebih baik di SD Negeri 3 Susoh setelah guru PAI melatih kecerdasan emosionalnya. Seperti sikap malas siswa dalam belajar berubah menjadi rajin dan yakin kembali, serta kepanikan yang terjadi pada siswa juga berubah menjadi tenang dan bersemangat kembali serta mau mengikuti proses belajar mengajar kembali, ini semua dengan berkat bimbingan guru PAI dalam melatih kecerdasan emosional siswa pada saat belajar mengajar.
STIT-03436 | 001.43 ELV k | My Library (000) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain