Text
Urgensi Metode Mau'izah untuk Memotivasi Siswa dalam Pembelajaran Fiqih di MTsN Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya
Dalam meningkatkan motivasi belajar siswa agar lebih bersemangat lagi diperlukan adanya upaya dan metode yang tepat digunakan oleh guru. Begitulah hal yang harus dipersiapkan oleh guru MTsN 4 Aceh Barat Daya khususnya dalam meningkatkan motivasi belajar siswa guru perlu menggunakan metode yang tepat yakni melalui metode mau’izhah. Adapun Yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah metode mau’izhah sangat urgensi untuk memotivasi siswa dalam pembelajaran fiqih. Kemudian apakah metode mau’izhah efektif jika digunakan dalam pembelajaran fiqih dan bagaimana cara meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran fiqih. Yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode mau’izhah sangat urgensi untuk memotivasi siswa dalam pembelajaran fiqih. Kemudian untuk mengetahui apakah metode mau’izhah relevan jika digunakan dalam pembelajaran fiqih dan untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran fiqih. Dengan menggunakan metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian lapangan (field research) melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan penulis menemukan bahwa metode mau’izhah sangat penting untuk memotivasi siswa dalam pembelajaran fiqh yaitu melalui usaha dari guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga dengan menggunakan metode tersebut guru mampu memberikan motivasi belajar siswa. Kemudian melalui metode mau’izhah guru MTsN 4 Aceh Barat Daya dapat memberikan bimbingan belajar siswa sehingga mereka memahami materi pelajaran yang diberikan guru. Kemudian dengan menggunakan metode mau’izhah guru dapat memberikan materi fiqh pada siswa dengan baik serta dapat mengarahkan proses belajar siswa di sekolah. Selanjutnya cara meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran fiqh adalah dengan cara menasehati supaya tidak malas belajar, memberikan semangat dan bimbingan kepada siswa sehingga dengan adanya pemberian motivasi tersebut belajar siswa menjadi aktif.
STIT-03439 | 001.43 RAH u | My Library (000) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain