Text
Pengaruh Lingkungan dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Murid SD Negeri 12 Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya
Lingkungan sekitar merupakan sarana bagi siswa, di mana siswa dapat beraktivitas, berekreasi, berinovasi, termasuk mengembangkan pikiran sehingga membentuk perilaku baru dalam kegiatannya. Penggunaan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar oleh guru-guru sekolah dasar masih sangat kurang seperti halnya di SD Negeri 12 Susoh yang masih kurang memanfaatkan lingkungan sebagai sarana dan sumber belajar dalam meningkatkan kualitas belajar murid pada matari Pelajaran Agama Islam, padahal sistem pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar bagi siswa sekolah dasar Negeri 12 Susoh menjadi alat yang efektif untuk dilaksanakan, sebagai contoh lingkungan yang sehat, aman, dan tentram akan membuat siswa sehat dan nyaman dalam belajar. Adapun Yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran dengan pemanfaatan lingkungan dalam meningkatkan kualitas belajar murid SD Negeri 12 Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya, bagaimana dampak pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar bagi murid dan faktor apa saja yang menghambat pemanfaatan lingkungan dalam meningkatkan kualitas belajar murid. Dengan menggunakan metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian lapangan (field research) melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan penulis menemukan bahwa proses pembelajaran dengan pemanfaatan lingkungan SD Negeri 12 Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya dapat meningkatkan kualitas belajar murid. Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar untuk siswa SD Negeri 12 Susoh sudah baik sehingga belajar dengan memanfaatkan lingkungan sekolah murid lebih bersemangat rajin dalam belajar. Kemudian murid memanfaatkan lingkungan sekolah dengan cara menjaga dan membersihkannya. Adanya faktor yang menghambat pemanfaatan lingkungan dalam meningkatkan kualitas belajar murid adalah kurang tersedianya media yang kurang relevan, metode yang kurang tepat dan lingkungan sekolah yang tidak mendukung.
STIT-03443 | 001.43 DIA p | My Library (000) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain