Text
Pembelajaran SKI dan Pengaruhnya terhadap Penanaman Nilai-nilai Islam pada Siswa MAN Blangpidie
Pembelajaran dalam arti yang sempit merupakan proses komunikasi dua arah yang dilakukan oleh guru sebagai pendidik dan siswa sebagai peserta didik. Sejarah Kebudayaan Islam dapat diartikan sebagai segala hasil akal budi (cipta, karya dan karsa) umat Islam yang dihasilkan pada masa yang telah lalu, baik yang berupa gagasan, aktivitas maupun artefak/karya. Berdasarkan hal tersebut penulis tertarik memilih judul Ė¯Pembelajaran SKI Dan Pengaruhnya Terhadap Penanaman Nilai-Nilai Islam Pada Siswa MAN Blangpidieā€¯. Adapun rumusan masalah yang dimunculkan adalah metode apa saja yang digunakan guru dalam penanaman nilai-nilai Islam pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada siswa MAN Blangpidie, faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat usaha guru dalam penanaman nilai-nilai Islam pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada siswa MAN Blangpidie. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui metode guru dalam penanaman nilai-nilai Islam dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada siswa MAN Blangpidie, mengetahui upaya Guru dalam mengembangkan materi pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam penanaman nilai-nilai Islam pada siswa MAN Blangpidie. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode yang bersifat deskriftif yaitu pemecahan yang meliputi penguraian, penafsiran, pencatatan dan pemeriksaan, dengan tehnik pengumpulan data berupa observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian di MAN Blangpidie dapat disimpulkan bahwa pembelajaran SKI sangat berpengaruh dalam penanaman nilai-nilai Islam pada siswa MAN Blangpidie. Hipotesis pertama terbukti dan diterima kebenarannya, melalui metode-metode yang digunakan oleh guru siswa-siswi akan ada peningkatan dalam memahami nilai-nilai ke Islaman yang terdapat dalam pembelajaran SKI. Hipotesis kedua terbukti dan diterima kebenarannya.
STIT-03444 | 001.43 NIS p | My Library (000) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain