Text
Faktor dan Akibat Kelalaian Siswa dalam Menghafal Surat-Surat Pendek pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadits Kelas VII di MTsN Kuala Batee
Al-Qur’an adalah firman Allah SWT yang diwahyukan secara berangsur-angsur dalam bahasa Arab melalui perantara melaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW untuk disampaikan kepada seluruh umat manusia. Mata pelajaran Al-Qur’an Hadits adalah bagian dari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada Madrasah Tsanawiyah yang dimaksud untuk memberikan motivasi, bimbingan, pemahaman, kemampuan dan penghayatan terhadap isi yang terkandung dalam Al-Qur’an dan Hadits. Pembelajaran Al-Qur’an hadits perlu diajarkan pada senua peserta didik untuk membekali peserta didik dengan keammpuan membaca dan menghafal al-Qur’an hadits terutama surat-surat pendek yang ada Juz 30. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah kemampuan praktik siswa dalam menghafal surat-surat pendek pada pelajaran Al-qur’an Hadits, (2) faktor apa saja yang menjadi penyebab dan akibat kelalaian siswa dalam menghafal surat-surat pendek pada pelajaran Al-Qur’an Hadits. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui mengetahui kemampuan praktik siswa dalam menghafal surat-surat pendek pada pelajaran Al-qur’an hadits, serta mengetahui faktor-faktor yang menjadi penyebab dan akibat kelalaian siswa dalam menghafal surat-surat pendek pada pelajaran Al-qur’an Hadits. Penelitian menggunakan deskriptif kualitatif, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 25 orang serta 1 orang guru dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan kuesioner, sedangkan teknik analisa data menggunakan rumus persentase. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa siswa MTsN sudah mampu untuk mengingat semua hafalan surat-surat pendek pada pelajaran Al-Qur’an Hadits yang ditugaskan gurunya, para guru MTsN mengatasi faktor dan akibat kelalaian siswa dalam menghafal surat-surat pendek pada pelajaran Al-qur’an Hadits dengan menggunakan metode pembelajaran dalam meningkatkan hafalan surat-surat pendek dalam Al-Qur’an. Dengan demikian diharapkan kepada guru dan orang tua terus memantau perkembangan dan daya tanggap siswa terhadap hafalan surat-surat pendek agar para siswa betul-betul menguasai Al-qur’an dengan sepenuh hati.
STIT-03451 | 001.43 ERM f | My Library (000) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain