Text
Peran Modernisasi Pendidikan Pesantren dalam Perspektif Muhammadiyah Terhadap Kualitas Guru Pesantren Ibnu SIna Gampong Padang Sikabu Kecamatan Kuala Bate Aceh Barat Daya
Arus globalisasi telah mempengaruhi segalanya dan merupakan tantangan tersendiri yang harus dihadapi oleh pesantren yaitu bagaimana merespon segala perubahan yang terjadi di dunia luarnya tanpa merubah dan meninggalkan identitas pesantren itu sendiri. Sehingga pesantren tetap eksis di tengah-tengah masyarakat modern. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana peran modernisasi pendidikan dalam perspektif Muhammadiyah terhadap kualitas guru, faktor apa saja yang dapat dilakukan guru dalam meningkatkan peran modernisasi pendidikan pesantren dalam perspektif Muhammadiyah di Pesantren Ibnu Sina Gampong Padang Sikabu Kecamatan Kuala Batee Kabupaten Aceh Barat Daya. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran modernisasi pendidikan dalam perspektif Muhammadiyah terhadap kualitas guru, untuk mengetahui faktor apa saja yang dapat dilakukan guru dalam meningkatkan peran modernisasi pendidikan pesantren dalam perspektif Muhammadiyah di Pesantren Ibnu Sina Gampong Padang Sikabu Kecamatan Kuala Batee Kabupaten Aceh Barat Daya. Dalam pembahasan Skripsi ini, penulis menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui field research, seperti observasi, angket, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan guru mempunyai kualitas tinggi, ilmu pengetahuan ilmu teknologi yang moderen pun juga dimiliki oleh setiap guru, sehingga model pembelajaran yang bermutu dapat diajarkan kepada siswa sesuai dengan arus globalisasi pada saat sekarang ini, berbagai faktor yang dapat dilakukan oleh guru diantaranya menyalurkan ilmu pengetahuan, memberikan motivasi, semangat serta menambah ilmu pengetahuan oleh guru itu sendiri, serta adanya lingkungan masyarakat yang mendukung karena pesantren tersebut berada di lingkungan Muhammadiyah.
STIT-03452 | 001.43 MUH p | My Library (000) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain