Text
Sistem Evaluasi Pembelajaran di Pesantren Sirajul Ibad Meukek Kabupaten Aceh Selatan
Pesantren Sirajul ‘Ibad merupakan pesantren yang berada di daerah Meukek dengan memiliki model pembelajaran salaf (tradisional). Dalam proses pembelajaran di pesantren tersebut masih menggunakan kitab-kitab ulama klasik atau kitab kuning dan masih menggunakan kurikulum pesantren. Proses pembelajaran di pesantren Sirajul ‘Ibad selama ini berjalan dengan baik, akan tetapi kurang melakukan evaluasi sehingga keberhasilan belajar santri sulit untuk dinilai dan dilihat. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja upaya para ustaz/ustazah dalam melaksanakan sistem evaluasi terhadap pembelajaran, apakah melalui evaluasi pembelajaran dapat menilai keberhasilan pendidikan di pesantren Sirajul ‘Ibad dan kendala-kendala apa saja yang dihadapi para ustaz dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran di pesantren Sirajul ‘Ibad. Dengan menggunakan metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian lapangan (field research) melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan penulis menemukan bahwa sistem evaluasi pembelajaran yang digunakan di pesantren didominasi oleh sistem pembelajaran secara klasikal. Kemudian sistem pembelajaran di pesantren Sirajul ‘Ibad dengan mengadakan cara ujian semester bagi santri, kemudian mengadakan sayembara sehingga santri akan merasa senang dengan hasil yang dicapainya. Evaluasi pembelajaran di pesantren Sirajul ‘Ibad menjadi suatu alat bagi ustaz/ustazah dalam menilai belajar santri dan keberhasilan pesantren. Kemudian kendala yang dihadapi ustaz/ustazah dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran di pesantren Sirajul ‘Ibad berasal dari santri itu sendiri dan dari luar lingkungan pesantren.
STIT-03457 | 001.43 JUS s | My Library (000) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain