Text
Metode Resitasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMP Negeri Setia Kabupaten Aceh Barat Daya
Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Setia masih menggunakan metode konvensional, di mana pada penggunaan metode ini guru lebih banyak menguasai kelas dibanding siswa. Pada metode ini siswa bisa dibilang kurang aktif. Siswa hanya mendengarkan penjelasan dari guru dan tidak pernah ada usaha untuk belajar memahami konsep pendidikan Islam melalui tugas-tugas pembelajaran. Hal itu mengakibatkan prestasi belajar siswa rendah dan masih banyak kesulitan yang ditemui dalam mempelajari Pendidikan Agama Islam. Oleh karena itu, metode pembelajaran tersebut kurang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah metode resitasi dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Setia kabupaten Aceh Barat Daya. Dan apa saja kendala penerapan metode resitasi pada siswa. Sedangkan yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode resitasi dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Setia dan untuk mengetahui penerapan metode resitasi pada siswa SMP Negeri 1 Setia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Dalam mengelolah data-data yang diperoleh di lapangan, penulis menggunakan metode dokumentasi dan deskriptis analitis. Data yang diambil dari hasil observasi, wawancara, angket dan dokumentasi, serta didukung oleh data-data primer dan sekunder diolah dengan mereduksi data. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan diketahui bahwa penggunaan metode resitasi dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Setia. Hal ini dapat dilihat dari hasil angket dengan siswa SMP Negeri 1 Setia. Tidak adanya kendala siswa SMP Negeri 1 Setia dalam belajar dengan diterapkannya metode ristasi. Disamping itu juga siswa sering bermain dan tidak fokus pada tugas yang diberikan.
STIT-03458 | 001.43 FIT m | My Library (000) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain