Text
Hubungan Pengetahuan Agama Islam Orang Tua dengan Pengalaman Akhlakul Karimah pada Siswa di MTsN 4 Kabupaten Aceh Barat Daya
Siswa MTsN 4 Kabupaten Aceh Barat Daya sudah diberikan pengajaran tentang keagamaan dengan baik. Selain mata pelajaran agama Islam, siswa juga mendapatkan pengajaran tambahan, serta contoh perilaku yang baik dari Bapak/Ibu guru. Namun perilaku atau akhlak siswa di MTsN 4 Kabupaten Aceh Barat Daya belum sesuai dengan yang diharapkan. Sebagai contoh, ada beberapa siswa yang tidak menghargai guru, membuang sampah sembarangan tempat padahal sudah disediakan tempat sampah, dan lain sebagainya. Hal tersebut dapat terjadi karena tingkat pengetahuan agama Islam pada orang tua siswa berbeda-beda. Adapun Yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat pengetahuan orang tua siswa tentang agama Islam di MTsN 4 Kabupaten Aceh Barat Daya Kemudian bagaimana upaya guru dalam meningkatkan pengamalan akhlakul karimah pada siswa di MTsN 4 Kabupaten Aceh Barat Daya dan bagaimana hubungan antara tingkat pengetahuan orang tua siswa tentang agama Islam dengan pengamalan akhlakul karimah pada siswa. Dengan menggunakan metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian lapangan (field research) melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian kuantitatif. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan penulis menemukan bahwa orang tua siswa MTsN 4 Kabupaten Aceh Barat Daya memiliki pengetahuan dibidang ilmu agama Islam sehingga mereka mampu mengajarkan ilmu agama kepada anak-anaknya. Kemudian Upaya guru dalam meningkatkan pengamalan akhlakul karimah pada siswa di MTsN 4 Kabupaten Aceh Barat Daya yakni melalui mengajar, memberikan nasehat baik dari segi perbuatan maupun berpakaian dan pengatahuan orang tua dengan akhlakul karimah siswa memang sangat erat hubungannya sehingga akan mempengaruhi perkembangan karakter anak.
STIT-03465 | 001.43 MAR h | My Library (000) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain