UPT. PERPUSTAKAAN STIT-MU ABDYA

SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH (STIT) MUHAMMADIYAH ABDYA

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

Perbandingan Antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad dengan Pembelajaran Konvensional untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII pada Siswa MTsN 3 Aceh Barat Daya

Mia Kharwatian - Nama Orang;

Pembelajaran fiqih di madrasah masih didominasi dengan cara atau model pembelajaran tradisional yaitu ceramah. Model tersebut dinilai kurang memberikan motivasi belajar bagi para siswa di madrasah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui penggunaan pembelajaran Kooperatif Tipe stad (Student Teams Achievement Divisions) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran mata pelajaran Fiqih. (2) Untuk mengetahui langkah-langkah apa saja ya ng harus ditempuh dalam penerapan model pembelajaran tipe stad (Student Teams Achievement Divisions) dan konvensional. (3) Untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi oleh siswa dalam penerapan model pembelajaran tipe stad (Student Teams Achievement Divisions) dan konvensional. Desain dari penelitian ini adalah experimental design dengan pre-tes dan pos-tes untuk kelas eksperimen dan kontrol. Sampel dari penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara, kuisioner, dan tes. Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan rumus uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kelas eksperimen yang menggunakan metode STAD mempunyai rata-rata nilai hasil belajar yang lebih tinggi yaitu sebesar 70.33 apabila dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional dimana rata-rata nilai hasil belajarnya hanya sebesar 62.62. (2) Kendala yang dihadapi dalam penerapan model kooperatif tipe STAD adalah keterbatasan dalam manajemen waktu. (3) salah satu langkah yang dilakukan oleh guru dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah dengan membimbing siswa pada saat dilakukan diskusi kelompok.


Ketersediaan
STIT-03471001.43 MIA pMy Library (000)Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
001.43 MIA p
Penerbit
Banda Aceh : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Aceh Barat Daya., 2017
Deskripsi Fisik
vi, 55 hal. : illust. ; 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
001.43
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Pembelajaran
Tipe Stad
Konvensional
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

UPT. PERPUSTAKAAN STIT-MU ABDYA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

UPT. Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Muhammadiyah Aceh Barat Daya memiliki banyak jenis koleksi, mulai dari koleksi tercetak hingga koleksi digital sepeti buku teks, buku referensi, terbitan serial dan CD-ROOM.
Untuk dapat meminjam koleksi UPT. Perpustakaan STIT-Mu Abdya, Anda terlebih dahulu harus menjadi Anggota UPT. Perpustakaan STIT-Mu Abdya. Kami memiliki syarat dan ketentuan yang harus dipatuhi.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

LOGIN ADMIN LOGIN ANGGOTA

© 2025 UPT. Perpustakaan STIT-Mu Abdya

Email.  perpustakaan.stitmu@gmail.com    Telp. (0656) 9496060
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik