Text
Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesional Guru di MIN 12 Aceh Barat Daya
Kepala Sekolah sebagai pimpinan tertinggi sangat berpengaruh dalam menentukan kemajuan Sekolah, maka dalam hal ini seorang pemimpin tidak bisa lepas dari fungsi kepemimpinannya, diantaranya sebagai penuntun, pembimbing, memberikan supervisi yang efisien, dan membawa para pengikutnya kepada tujuan awal saat perencanaan dan dengan hal tersebut maka muncul rumusan masalah yaitu, apakah dengan kepemimpinan kepala sekolah motivasi kinerja guru lebih meningkat, bagaimanakah profesionalitas guru, dan apa hambatan yang pernah di hadapi kepala sekolah dalam meningkatkan profesional guru di MIN 12 Aceh Barat Daya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan kepemimpinan kepala sekolah motivasi kinerja guru lebih meningkat, untuk mengetahui bagaimanakah profesionalitas guru, untuk mengetahui apa hambatan yang pernah di hadapi kepala Sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MIN 12 Aceh Barat Daya. Sabjek dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah, dan Dewan guru. Teknik pengumpulan data Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Kepemimpinan Kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kinerja guru kepala sekolah melakukan peningkatan program pembelajaran, melengkapi sarana dan prasarana, mengadakan pelatihan, melakukan pengawasan supervisi internal. Profesional guru di MIN 12 Aceh Barat Daya juga baik, karena guru di MIN 12 Aceh Barat Daya sudah memiliki 4 kompetensi yaitu kompetensi kepribadian, sosial, profesionalalisme dan kompetensi pedagogik.Terdapat beberapa hambatan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan profesional guru karena tugas kepala sekolah bukan hanya memantau guru, akan tetapi kepala sekolah harus memperhatikan hal yang lain, baik itu murid, lingkungan, dan lain sebagainya.
STIT-03293 | 001.43 LIS k | My Library (000) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain