Text
Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Guru di SDN 3 Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya
Keberhasilan kinerja guru akan tampak apabila kepala sekolah mempunyai kemampuan untuk memimpin dan berusaha mengupayakan pemberdayaan guru agar memiliki mutu yang baik, dan profesional dalam menjalankan tugasnya. Kenyataannya masih ada guru yang belum bisa menjalankan tugas dan meningkatkan mutunya seperti yang dimaksudkan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu guru di SDN 3 Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya, dan untuk mengetahui apa upaya kepala sekolah dalam meningkatkan mutu guru di SDN 3 Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan 4 orang guru. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu guru sudah dijalankan tugasnya sebagai edukator, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator dan motivator. Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan mutu guru adalah membantu guru dalam meningkatkan program pengajaran, mengikut sertakan guru dalam berbagai kegiatan di sekolah, seperti kegiatan workshop atau pelatihan-pelatihan, meningkatkan kedisiplinan, memberikan motivasi kepada guru dan kepala sekolah selalu melakukan pengawasan terhadap guru-guru. Upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah tersebut masih perlu harus dievaluasi untuk peningkatan mutu pendidikan sekolah.
STIT-03297 | 001.43 ERM p | My Library (000) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain