Text
Kinerja Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru di SMP Negeri 3 Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya
Sekolah merupakan salah satu organisasi yang kompleks dan unik, kepala sekolah selaku pemimpin secara langsung merupakan contoh nyata dalam aktivitas kerja bawahannya, kinerja kepala sekolah perlu lebih ditekankan dalam koordinasi, komunikasi, dan supervis, dalam melaksanakan tugas seorang kepala sekolah dituntut untuk memperhatikan kedisiplin sendiri, guru dan staf agar waktu yang ada tidak terbuang sia-sia. Disiplin merupakan kepatuhan seseorang dalam mengikuti peraturan atau tata tertib karena didorong oleh adanya kesadaran yang ada pada kata hatinya tanpa adanya paksaan dari pihak lain. Permasalahan yang diajukan dalam penelitian adalah: (1) bagaimanakah kinerja kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru di SMP Negeri 3 Kabupaten Aceh Barat Daya?, (2) apasaja kendala yang dialami kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru di SMP Negeri 3 Kabupaten Aceh Barat Daya?, sedangkan tujuan penelitian adalah (1) untuk mengetahui kinerja kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru di SMP Negeri 3 Kabupaten Aceh Barat Daya, (2) untuk mengetahui kendala yang dialami kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru di SMP Negeri 3 Kabupaten Aceh Barat Daya. adapun metode penelitian yang penulis gunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis, subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru di SMP Negeri 3 Susoh. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan teknik analisa data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh bahwa kinerja kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru berjalan dengan baik hal ini dimulai dari penyusunan program pengajaran, melakukan perbaikan dan mengevaluasi, melaksanakan tugas sesuai dengan waktu, memenuhi kelengkapan belajar mengajar mengajar, sedangkan kendala yang dialami kepala sekolah adalah komunikasi dengan para bawahan kadang masih ada rasa segan, masing-masing guru mempunyai kepentingan sendiri, sikap, latar belakang dan tingkat sosial guru yang berbeda-beda serta ditambah dengan tempat tinggal para guru dengan lokasi sekolah yang berjauhan.
STIT-03301 | 001.43 INT k | My Library (000) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain