Text
Pelaksanaan Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya
Kurikulum 2013 merupakan suatu progaram pendidikan yang direncanakan dan di implementasikan untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah di spsesifikasikan. Kurikulum memegang kedudukan kunci dalam pendidikan yang pada akhirnya menentukan kualifikasi pendidikan. Pembelajaran Tematik-Integratif yang diterapkan sebagai wujud implementasi Kurikulum 2013 menumbuhkan harapan agar pembelajaran sehingga berlangsung dalam suasana menyenangkan. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk bagaimana pelaksanaan kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya. Apa saja faktor pendukung dan penghambat bagi guru dalam kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya. Penelitian ini dilaksanakan di Negeri 3 Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya dengan waktu penelitian selama 5 bulan, dimulai dari bulan Juli sampai dengan bulan November 2018, yang menjadi subjeknya adalah kepala madrasah dan guru. Dengan menggunakan metode penelitian lapangan (field research) melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan penulis menemukan bahwa pelaksanaan kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya belum menerapkan atau melaksanakan kurikulum 2013 sama sekali. Faktor pendukung adalah harus tersedianya sarana dan prasarana yang memadai untuk menunjang kegiatan belajar siswa dan tenaga pengajar yang sesuai dengan bidangnya masing-masing. Adapun faktor penghambat, yaitu kemampuan dan jiwa psikologis siswa yang berbeda-beda.
STIT-03305 | 001.43 RAU p | My Library (000) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain