Text
Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMP Negeri 2 Blang Pidie Kabupaten Aceh Barat Daya
Kepala sekolah sebagai seorang pemimpin di sekolahnya, tentu saja mempunyai peran yang sangat penting, karena kepala sekolah memiliki peran sebagai leader, educator, pelaksana, pengelola tenaga kependidikan dan pengawas program pendidikan disekolah. Peran kepala sekolah yang efektif tentu akan mempengaruhi kinerja guru, sehingga guru menjadi bersemangat dalam menjalankan tugasnya. Hal ini disebabkan karena guru merasa mendapat perhatian, rasa aman dan pengakuan atas prestasi kinerjanya. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 2 Blangpidie dan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 2 Blangpidie. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, penulis menemukan bahwa pelaksanaan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru itu mencakup pengontrolan terhadap kualitas kerja guru pada setiap harinya, melakukan pengawasan dan evaluasi dalam pembelajaran, melakukan pembinaan untuk meningkatkan profesi guru, pemberian motivasi, dan pemberian perhargaan terhadap guru yang berprestasi sudah berjan dengan baik, sehingga guru lebih termotivasi lagi dengan apa yang telah dicapainya. Kemudian dalam proses belajar mengajar, guru sudah berusaha semaksimal mungkin menjalankan tugasnya dengan baik, hanya saja masih ada beberapa siswa yang kurang berminat dalam belajar. Dengan demikian maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepala sekolah harus memiliki tertentu dalam meningkatkan kinerja guru agar guru di sekolah menjadi lebih bersemangat dan kreatif dalam proses belajar mengajar di sekolah.
STIT-03306 | 001.43 SIT s | My Library (000) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain