Text
Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Babahrot Aceh Barat Daya
Kompetensi manajerial kepala madrasah merupakan inti pokok dari seorang kepala sekolah, dalam kontek kurikulum tingkat satuan pendidikan memberikan wewenang sepenuhnya kepada kepala madrasah/sekolah untuk mengelola semua perangkat sekolah, artinya sebagai manejer kepala sekolah harus mampu mendayagunakan seluruh sumber daya sekolah dalam rangka mewujudkan visi dan misi untuk mencapai tujuan yang telah ditetatapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan MIS Babahrot Aceh Barat Daya dan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan manajerial yang dilakukan oleh kepala madrasah MIS Babahrot Kabupaten Aceh Barat Daya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala Madrasah dan 2 orang Guru dan 1 orang staf.Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dukumentasi. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan kemampuan kepala madrasah dalam meningkatkatkan mutu pendidikan kepala madrasah kurang optimal menjalankan tugasnya. Adapun pelaksanaan manajerial kepala madrasah sebagai seorang manejer kepala madrasah belum mampu menjalankan tugasnya dengan baik karna guru masih sering libur tanpa ada pemberitahuan kepada kepala madrasah sehingga menyebabkan kepala madrasah kurang tegas terhadap bawahannya, dan juga guru mengajar bukan dengan latar belakang atau skil yg dimilikinya sehingga berdampak terhadap siswa dalam memperoleh ilmu pengetahuan dan ini berdampak juga kepada siswa yang pada akhirnya mutu pendidikan tidak sesuai dengan yang diharapkan.
STIT-03311 | 001.43 RIN k | My Library (000) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain