Text
Pembelajaran Aqidah Akhlak dan Kaitannya dengan Perilaku Peserta Didik di MIN 14 Aceh Barat Daya
Pembelajaran aqidah akhlak termasuk faktor penting dalam kaitannya dengan pendidikan anak. Kerapkali kemunduran anak di sekolah sering disebabkan oleh keadaan pembelajaran di sekolah. Melalui pembelajaran aqidah akhlak maka akan sangat membantu anak untuk berperilaku yang baik atau berakhlakul karimah. Baik buruknya pembelajaran aqidah akhlak turut mempengaruhi terhadap perilaku peserta didik karena sekolah ikut serta dalam upaya membentuk karakter seorang anak. Pembelajaran aqidah akhlak masih belum optimal dikarenakan hal ini dapat dilihat dari perilaku peserta didik yang kurang baik selama berlangsungnya pelajaran aqidah akhlak, sedangkan guru dalam kegiatan proses pembelajaran sudah cukup memadai dalam pencapaian belajar peserta didik untuk lebih baik.Yang menjadi rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlak, bagaimana perilaku peserta didik, dan bagaimana keterkaitan pembelajaran aqidah akhlak dengan perilaku peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 14 Aceh Barat Daya. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran aqidah akhlak dan peserta didik. Metode penelitian terdiri dari dua bahagian antara lain penulis melaksanakan penelitian kepustakaan (library research) untuk mencari bahan referensi sebagai kajian teoritisnya dan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian pada skripsi ini menyatakan, pertama pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlak oleh mata pelajaran dikategori cukup baik, tetapi peserta didik masih kurang minat belajarnya. Kedua, bahwa perilaku peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 14 Aceh Barat daya belum sepenuhnya memiliki akhlakul karimah. Ketiga, keterkaitan pembelajaran aqidah akhlak dengan perilaku peserta didik sangat menyangkut paut satu sama lain dikarenakan suatu keadaan pengajaran atau aktifitas akan terjadi efek dari hasil pembelajaran kepada perilaku peserta didik di sekolah maupun di luar.
STIT-03313 | 001.43 MUR p | My Library (000) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain