Text
Peran Kepemimpinan Serta Partisipasi Guru pada Strategi Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah di SD Negeri 7 Lembah Sabil
Manajemen Berbasis Sekolah adalah suatu konsep yang menawarkan otonomi pada sekolah untuk menentukan kebijakan sekolah dalam meningkatkan mutu efisiensi, dan pemerataan pendidikan agar dapat mengakomodasikan keinginan masyarakat setempat serta menjalin kerja sama yang erat antara sekolah, masyarakat, dan pemeintah. Maka oleh karena itu peran kepala sekolah serta partisipasi guru sangat menentukan akan keberhasilan pelaksanaan manajemen berbasis sekolah di SD Negeri 7 Lembah Sabil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepala sekolah serta partispasi guru terhadap pelaksanaan manajemen berbasis sekolah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif dengan teknik dan alat pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan dalam pelaksanaan manajemen bahwa peran kepala sekolah terhadap pelaksanaan MBS yaitu Sebagai educator, manajer, supervisor, administrator dan inovator semua itu harus dilaksanakan oleh seorang kepala sekolah. sedangkan peran guru yaitu melancarkan proses belajar mengajar. disamping mengajar guru juga melakukan Pekerjaannya sebagai adminnitrator yang menyelesaikan adminitrasinya seperti menyelesaikan adminitrasi kelas. Didalam pelaksanaan manajemen berbasis sekolah ada faktor pendukung dan juga faktor penghambat. faktor pendukunnya Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah yaitu adanya kurikulum, sarana dan prasarana, tenaga kependidikan dan juga siswa sedangkan penghambatnya yaitu kurangnya pemahaman peserta didik, tenaga kependidikan, kurangnya dana dan sarana serta pertisipasi masyarakat yang rendah.
STIT-03314 | 001.43 HEN p | My Library (000) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain