Text
Peran Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 15 Aceh Barat Daya
Keberhasilan kinerja guru akan tampak apabila kepala sekolah mempunyai kemampuan untuk memimpin dan berusaha mengupayakan peningkatan kinerja guru dan kemampuan profesional guru, dan kepala sekolah profesional dalam menjalankan tugasnya. Pada kenyataannya masih banyak guru yang belum bisa menjalankan tugas dan peningkatan mutunya seperti halnya dalam penggunaan media pembelajaran dan hal-hal yang berkenaan dengan IT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam mengembangkan profesionalisme guru di MIN 15 Aceh Barat Daya, dan untuk mengetahui upaya dan strategi dari kepala sekolah dalam mengembangkan profesionalisme guru di MIN 15 Aceh Barat Daya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, 3 orang guru dan 1 orang staf TU. Teknik pengumpulan data melalui observasi,wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepala sekolah dalam mengembangkan profesionalisme guru masih sangat standar, upaya kepala sekolah dalam mengembangkan profesionalisme guru hanya berupa memberikan pelatihan-pelatihan dan mengikut sertakan guru dalam kegiatan sosialisasi. Para guru seharusnya diberikan pengetahuan dan wawasan tambahan yang lebih mendalam mengenai kemampuan profesional yang harus dimilikinya. Upaya kepala sekolah masih banyak yang perlu di evaluasi kembali untuk peningkatan kemampuan profesionalisme guru yang lebih baik lagi agar terciptanya lembaga pendidikan yang bermutu dan tenaga kerja yang profesional.
STIT-03322 | 001.43 DAR p | My Library (000) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain