Text
Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTsS Tangan-Tangan Kabupaten Aceh Barat Daya
Rendahnya kinerja guru dapat menurun mutu pendidikan dan menghambat tercapainya visi di suatu sekolah. Sekolah yang seperti itu, tidak akan mampu menghasilkan lulusan yang unggul dan memiliki daya saing global seperti sekarang ini. Berdasarkan observasi awal penulis, beberapa guru di MTsS Tangan-Tangan memang belum berhasil dalam menjalankan tugasnya dengan baik, sebagian guru menganggap karena MTsS tersebut masih dalam status swasta jadi tidak merasa peduli terhadap tugasnya, sehingga guru sering datang ke sekolah seenaknya saja, terkadang terlambat, dan jarang masuk kelas, jarang menyiapkan perlengkapan pembelajaran. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa tugas Kepala Sekolah sebagai supervisor terhadap peningkatan kinerja guru di MTsS Tangan-Tangan. Dan apakah ada relevansi antara supervisi Kepala Sekolah dengan kinerja guru di MTsS Tangan-Tangan. Penelitian ini dilaksanakan di MTsS Tangan-Tangan Kabupaten Aceh Barat Daya dengan waktu penelitian selama 5 bulan dimulai dari bulan Juli sampai dengan bulan November 2018. Yang menjadi subjeknya adalah kepala sekolah dan 5 orang guru. Dengan menggunakan metode penelitian lapangan (field research) melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan penulis menemukan bahwa tugas Kepala Sekolah sebagai supervisor terhadap peningkatan kinerja guru di MTsS Tangan-Tangan adalah melaksanakan pengawasan yang dilakukan oleh kepala sekolah guna untuk melihat kinerja guru. Kepala sekolah sangat berperan sebagai supervisor dalam menilai kinerja guru. Karena tugas supervisor adalah memberikan bimbingan dan arahan kepada guru agar menjalankan tugasnya dengan baik dan profesional. Dengan supervisi membangkitkan semangat kerja guru melalui memberikan penghargaan atau dalam bentuk lainnya. Relevansinya antara supervisi kepala sekolah dengan kinerja guru di sekolah dapat memotivasi kerja guru dan perbaikan tingkat kedisiplinan.
STIT-03324 | 001.43 AND p | My Library (000) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain