Text
Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Penguasaan Kurikulum 2013 Untuk Guru di MTsS Lamainong
Strategi kepala sekolah merupakan suatu kegiatan yang harus dilaksanakan untuk membuat atau menyusun langkah-langkah agar seluruh kebijakan yang dilaksanakan dapat berjalan dengan lancar, termasuk juga strategi kepala sekolah dalam menigkatkan penguasaan kurikulum 2013 terhadap para guru di MTsS Lama Inong. Penguasaan kurikulum sangat diperlukan oleh seorang guru yang bertugas melaksanakan sistem pembelajaran, kurikulum 2013 juga sangat mendukung siswa untuk belajar mandiri, kreatif dan ingin tahu terhadap suatu masalah yang diberikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana srategi kepala sekolah dalam meningkatkan penguasaan kurikulum 2013 untuk guru di MTsS Lama Inong?, (2) bagaimana penguasaan dan pelaksanaan kurikulum 2013 oleh guru di MTsS Lama Inong?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) srategi kepala sekolah dalam meningkatkan penguasaan kurikulum 2013 untuk guru di MTsS Lama Inong, (2) penguasaan guru MTsS Lama Inong terhadap kurikulum 2013. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan 2 orang guru. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan teknik analisa data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa strategi yang dilakukan adalah ikut serta dalam seluruh kegiatan, menanamkan sikap kooperatif guru, kerja sama, memotivasi dan bimbingan, sedangkan penguasaan kurikulum 2013 oleh guru MTsS Lama Inong perlu ditingkat melalui metode sistem diskusi, mengikuti pelatihan, dan meningkatkan kemauan dan keingintahuan terhadap kurikulum yang diterapkan.
STIT-03327 | 001.43 NAN s | My Library (000) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain