Text
Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Pengelolaan Sarana dan Prasarana di SD Negeri 14 Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya
Sarana dan Prasarana di SD Negeri 14 Blangpidie yang belum memadai baik berupa ruang kepala sekolah, ruang guru, ruang perpustakaan, yang masih kurangnya buku pembelajaran untuk menjadi sarana penunjang dan ruang toilet atau wc masih kurang, serta dalam pengelolaannya, pemeliharaan atau perawatan yang sering menjadi kendala utama. Adapun rumusan masalah yang peneliti ingin meneliti tentang bagaimana Peran Kepala Sekolah sebagai manajer di SD Negeri 14 Blangpidie dan bagaimana Kinerja Kepala Sekolah dalam Pengelolaan Sarana dan Prasarana di SD Negeri 14 Blangpidie. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui Peran Kepala Sekolah sebagai manajer di SD Negeri 14 Blangpidie dan untuk mengetahui Kinerja Kepala Sekolah dalam Pengelolaan Sarana dan Prasarana di SD Negeri 14 Blangpidie. Adapun Metode Pendekatan yang digunakan dalam skripsi ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan metode deskriptif analisis. Adapun yang menjadi Intrumen dalam pengalian data pada Penelitian ini adalah KepalaSekolah, Wakil Kepala bidang sarana dan prasarana dan Guru. Penulis menggunakan teknik pengumpulan data yang juga bersifat kualitatif, yakni teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran seorang kepala sekolah sebagai Manajer adalah sebagai perencana harus mampu meningkatkan kualitas sekolah mulai dari personil, seorang kepala sekolah harus mampu mengkoordinir seluruh anggota atau personil dalam sekolah, juga tentunya dalam hal sarana dan prasarana, yang menunjang peningkatkan prestasi dan kualitas sekolah. Sedangkan Kinerja kepala sekolah dalam pengelolaan sarana dan prasarana di SD Negeri 14 Blangpidie sudah lumayan membantu dalam proses pembelajaran, walaupun masih belum maksimal dengan pengadaan sarana dan prasarana yang dibutuhkan, namun kepala sekolah sebagai Manajerial sudah melakukan tugas dan fungsinya dengan baik. Secara keseluruhan kinerja kepala sekolah dalam pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan, mulai dari perencanaan, pengadaan, pemeliharaan, penyimpanan, dan pengawasan dilakukan secara bersama-sama, adanya musyawarah dan koordinasi antara kepala sekolah dengan guru-guru, staf pendidikan.
STIT-03328 | 001.43 YAU k | My Library (000) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain