Text
Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTsS Panton Pawoh Kecamatan Labuhanhaji Barat Kabupaten Aceh Selatan
Dalam proses belajar mengajar dapat berjalan secara efektif dan efisien hanya sarana dan prasarana yang memadai, sedangkan di MTsS Panton Pawoh ini masih banyak kekurangan-kekurangan atau masalah-masalah yang menghambat proses pembelajaran, seperti sarana dan prasarana yang kurang memadai, ruangan kelas masih kurang dan guru dengan kepala sekolah masih ditempatkan di dalam satu ruangan, kurangnya tenaga pengajar, seperti kurangnya guru bidang studi. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTsS Panton Pawoh dan apa-apa saja hambatan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini dilaksanakan di MTsS Panton Pawoh dengan waktu penelitian selama 9 bulan dimulai dari bulan Maret sampai dengan November 2018. Yang menjadi subjeknya adalah kepala madrasah dan guru. Dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian deskripftif kualitatif. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan penulis menemukan bahwa strategi Kepala Madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan menciptakan proses belajar mengajar berjalan dengan baik, meningkatkan tingkat kedisiplinan siswa, disiplin guru, tersedianya media pembelajaran, meningkatkan inovasi belajar siswa berlandaskan Islami berdasarkan visi dan misi madrasah dan meningkatkan kreativitas guru. Sedangkan hambatannya adalah minimnya media pembelajaran, sarana prasarana yang terbatas, kurang tersedia buku bacaan siswa, dan belum cukup tersedianya guru bidang studi.
STIT-03330 | 001.43 SUS s | My Library (000) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain