Text
Peran Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di MIN 14 Aceh Barat Daya
Keberhasilan belajar seorang siswa merupakan keinginan atau dambaan bagi setiap guru dan orang tua siswa. Dengan ilmu yang dikuasainya, siswa diharapkan dapat berperan di dalam masyarakat. MIN 14 Aceh Barat Daya memerlukan kualitas/prestasi belajar siswa yang lebih baik dari sebelumnya, maka oleh sebab itu untuk mewujudkan hal tersebut menjadi tugas dan tanggung jawab dari guru. kemudian proses belajarnya pun perlu dikembangkan dengan lebih baik lagi sehingga akan malahirkan mutu pembelajaran, kemudian kinerja guru juga perlu ditingkatkan. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa peran guru sebagai pengelola pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa serta bagaimana usaha guru sebagai pengelola pembelajaran dalam kelas untuk peningkatan prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di di MIN 14 Aceh Barat Daya dengan waktu penelitian selama 6 bulan dimulai dari bulan Juli sampai dengan September 2018, yang menjadi subjeknya adalah kepala sekolah dan guru. Dengan menggunakan metode penelitian pendekatan kualitatif melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan penulis menemukan bahwa peran guru sebagai pengelola pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa adalah guru berusaha membimbing siswa agar dapat menemukan berbagai potensi yang dimilikinya, membimbing siswa agar dapat mencapai dan melaksanakan tugas-tugas perkembangan mereka, sehingga dengan ketercapaian itu siswa akan tumbuh dan berkembang menjadi seseorang sesuai dengan minat dan bakat yang dimilikinya. Faktor-faktor pendukung yang diperoleh oleh guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa adalah adanya dukungan orang tua, masyarakat serta kepala madrasah. Sedangkan faktor penghambatnya seperti masih minimnya tersedia media pembelajaran, tingkat kecerdasan siswa, motivasi, minat, sikap dan bakat.
STIT-03335 | 001.43 ARM p | My Library (000) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain