Text
Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningktakan Profesionalisme Guru di SMA Negeri 5 Aceh Barat Daya
Kepemimpinan kepala sekolah secara sepintas bisa dikatakan baik, hal ini dapat dilihat dari cara berkomunikasi kepala sekolah SMA Negeri 5 Aceh Barat Daya, peraturan sekolah yang dibuat mencerminkan profesionalisme dan kedisiplinan yang tinggi baik guru maupun siswa. Namun pada kenyataannya masih terdapat fenomena atau masalah yang terjadi, yang mana masih banyak guru yang mempunyai kinerja yang rendah, semangat yang kurang serta disiplin yang kurang terbina. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMA Negeri 5 Aceh Barat Daya. Apa saja faktor pendukung dan penghambat kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMA Negeri 5 Aceh Barat Daya. Penelitian ini dilaksanakan di di SMA Negeri 5 Aceh Barat Daya dengan waktu pelaksanaan penelitian selama 7 bulan dimulai dari bulan Maret sampai dengan September 2018, yang menjadi subjeknya adalah kepala sekolah dan guru. Dengan menggunakan metode penelitian lapangan (field research) melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian deskripftif kualitatif. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan penulis menemukan bahwa upaya kepala SMA Negeri 5 Aceh Barat Daya dalam meningkatkan profesionalisme guru adalah memberikan semangat, bimbingan, arahan, menumbuhkan kesadaran dalam menjalankan tugas, meningkatkan kedisiplinan. Sedangkan faktor pendukung kepala sekolah seperti, guru selalu mendapat giliran dalam mengikuti pelatihan, adanya waktu luang dari beberapa guru, dan adanya semangat yang tinggi dari guru. Kemudian faktor hambatannya adalah kurangnya semangat guru dalam menjalankan suatu tugas dengan baik yang diberikan oleh kepala sekolah serta masih kurang tersedianya guru yang mengajar tidak sesuai dengan mata pelajaran atau bidang studi.
STIT-03336 | 001.43 VIV k | My Library (000) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain