Text
Peran Guru Agama dalam Membimbing Keterampilan Diskusi Kelompok Materi Fiqih pada Siswa Kelas VIII di SMP Muhammadiyah Lauhanhaji Tengah Kabupaten Aceh Selatan
Pendidikan merupakan usaha yang dilakukan untuk mencapai tujuan dengan kesadaran melalui proses interaksi baik di sekolah maupun di luar sekolah, dalam menempuh pendidikan diperlukan peran seorang guru yang bertugas melaksanakan pembelajaran dengan maksimal, kenyataannya di SMP Muhammadiyah Labuhanhaji Tengah terlihat bahwa guru agama selalu menerapkan metode ceramah dalam mengajar dan mendidik siswa-siswanya yang kemudian membuat siswa merasa bosan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana keterampilan guru agama dalam membimbing diskusi kelompok materi fiqih pada siswa kelas VIII?, (2) Bagaimana manfaat pengajaran pasca penerapan keterampilan diskusi kelompok materi fiqih bagi siswa kelas VIII?, (3) Kendala apa saja yang dihadapi siswa kelas VIII dan guru agama dalam pelaksanaan diskusi kelompok?. Penelitian yang dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui (1) keterampilan guru agama dalam membimbing diskusi kelompok materi fiqih pada siswa kelas VIII, (2) Manfaat pengajaran pasca penerapan keterampilan diskusi kelompok materi fiqih bagi siswa kelas VIII dan (3) kendala yang dihadapi siswa kelas VIII dan guru agama dalam pelaksanaan diskusi kelompok. Penelitian ini merupakan jenis kuantitatif dengan rancangan penelitian lapangan, populasi berjumlah 39 orang siswa yang terdiri dari 2 ruang kelas, sedangkan sampel penulis mengambil 1 rung kelas saja yaitu kelas VIII.B yang berjumlah 19 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket. Teknik analisa data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian diperoleh bahwa keterampilan guru agama dalam membimbing diskusi kelompok materi fiqih pada siswa kelas VIII.B belum maksimal, karena proses pembelajaran yang dilaksanakan masih mendapat kendala-kendala seperti peralatan yang digunakan dalam belajar diskusi, alat peraga dan ketidakbiasaan siswa dalam belajar diskusi, sedangkan Hasil pengajaran pasca penerapan keterampilan diskusi kelompok materi fiqih bagi siswa kelas VIII.B sudah baik karena setelah dilaksanakan pembelajaran berkelompok siswa semakin aktif dan kreatif dalam belajar. Dengan demikian diharapkan kepada guru dan siswa agar terus dapat meningkatkan kreatifitas dalam proses pembelajaran di masa yang akan datang.
STIT-03338 | 001.43 ULF p | My Library (000) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain