Text
Profesionalisme Guru Dalam Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan Di MIN 1 Aceh Barat Daya
Profesionalisme guru bisa dikatakan baik, hal ini dapat dilihat cara mengajar guru MIN 1 Aceh Barat Daya, peraturan sekolah mencerminkan profesionalisme dan kedisiplinan yang tinggi baik guru maupun siswa. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk bagaimana profesionalisme guru dalam manajemen mutu terpadu pendidikan di MIN 1 Aceh Barat Daya. Apa saja faktor pendukung dan penghambat bagi guru dalam manajemen mutu terpadu pendidikan di MIN 1 Aceh Barat Daya. Penelitian ini dilaksanakan di MIN 1 Aceh Barat Daya dengan waktu penelitian selama 5 bulan, dimulai dari bulan Juli sampai dengan bulan November 2018, yang menjadi subjeknya adalah kepala madrasah dan guru. Dengan menggunakan metode penelitian lapangan (field research) melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif kualitatif. Faktor pendukung terdiri dari 2 (dua), yaitu: faktor dari dalam dan faktor dari luar. Adapun faktor pendukung dari dalam yaitu: latar belakang pendidikan guru, pengalaman mengajar, penguasaan materi, kesadaran untuk meningkatkan kemampuan, dan lain-lain. Sedangkan faktor pendukung dari luar diantaranya: lingkungan sekolah yang kondusif, kompetensi manajerial kepala sekolah, kelengkapan sarana dan prasarana, partisipasi masyarakat terutama orang tua/wali siswa, dan lain-lain. Sedangkan faktor penghambat, yaitu: banyak guru yang tidak menekuni profesinya secara utuh, adanya perguruan tinggi swasta sebagai pencetak guru yang lulusannya asal jadi, kurangnya motivasi guru dalam meningkatkan kualitas.
STIT-03340 | 001.43 KHA p | My Library (000) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain