Text
Profesionalisme Guru TIK Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Siswa Di SMA Negeri 5 Aceh Barat Daya
Profesionalisme guru sangat dibutuhkan dalam pendidikan yang lebih baik, sehingga guru termotivasi untuk lebih profesional dalam mengajar dan meningkatkan mutu pebelajaran siswa. SMA Negeri 5 Aceh Barat Daya mengharapkan kehadiran guru yang betul-betul mampu menguasai dalam bidang IT. Guru bidang studi yang mengajar mata pelajaran TIK tidak menggunakan media yang berbentuk seperti komputer atau laptop, karena mengajar setelah memberikan teori tidak pernah diajarkan praktek, setidaknya guru mengajak siswa ke lab komputer, dan menggunakan media projector. Padahal pengaruh penggunaan TIK dalam meningkatkan mutu pembelajaran siswa sangat besar. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah usaha apa saja yang dilakukan guru TIK untuk meningkatkan mutu pembelajaran siswa di SMA Negeri 5 Aceh Barat Daya. Kemudian apa sajakah faktor pendukung dan penghambat guru dalam meningkatkan pembelajaran siswa. Penelitian ini dilaksanakan di di SMA Negeri 5 Aceh Barat Daya dengan waktu penelitian selama 8 bulan dimulai dari bulan Maret sampai dengan bulan Oktober 2018, yang menjadi subjeknya adalah kepala sekolah dan guru. Dengan menggunakan metode penelitian lapangan (field research) melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian deskripftif kualitatif. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan penulis menemukan bahwa usaha yang dilakukan guru supaya mutu pembelajaran siswa dapat ditingkatkan melalui pelajaran TIK ialah dengan memberikan materi dan praktek. Proses pembelajaran TIK biasanya setelah diberikan materi oleh guru, barulah selanjutnya guru memberikan praktek dengan menggunakan lab komputer. Kegiatan tersebut menurut jam telah ditentukan, dalam hal ini waktu yang tidak memadai bagi guru dalam memberikan praktek kepada siswa. Sedangkan faktor pendukung dalam meningkatkan pembelajaran siswa adalah tersedianya lab komputer dan semangat siswa serta yang tinggi. Kemudian faktor penghambatnya adalah masih minimnya tersedia komputer dan ada beberapa komputer dalam keadaan rusak jadi sulit bagi siswa untuk mempelajarinya.
STIT-03341 | 001.43 SAF p | My Library (000) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain