Text
Eksistensi Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) di Desa Tengah Pisang Kecamatan Labuhanhaji Kabupaten Aceh Selatan
Pendidikan Agama Islam di Desa Tengah Pisang merupakan suatu kewajiban yang harus dimiliki oleh setiap masyarakat yang ada, terutama pada diri anak-anak. Salah satu pembinaan pendidikan agama yang harus ditanam pada diri anak-anak adalah dengan adanya Tempat Pengajian Al-Qur’an (TPA) pada mereka. Sekarang ini sudah didirikan TPA Bustanul Huda dan TPA Sinar Tarbiyah, maka eksistensi orang tua santri dalam menunjang pendidikan agama Islam pada anak-anak sangat diperlukan. Adapun rumusan dalam skripsi ini adalah pertama apakah TPA di Desa Tengah Pisang pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’annya sudah efektif? Kedua apa saja kendala atau hambatan dalam pendidikan Al-Qur’an pada anak-anak di TPA yang ada di Desa Tengah Pisang? Ketiga upaya-upaya apa saja yang dilakukan dalam menunjang pendidikan Al-Qur’an pada anak-anak di TPA yang ada di Desa Tengah Pisang ? metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode kajian pustaka dan metode lapangan, metode lapangan terdiri dari pemberian angket, wawancara dan observasi. Hasil penelitian adalah TPA di Desa Tengah Pisang pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’annya belum efektif. Adanya kendala yang dihadapi antara lain: pengaruh kehadiran teman-teman, kurang aktifnya ustazd dalam mengajar, kurang sumber belajar Al-Qur’an, kurang kerja sama antara pengurus TPA dengan orang tua/wali santri dan tidak stabilnya proses pembelajaran. Selanjutnya adanya upaya-upaya yang dilakukan dalam menunjang pendidikan Al-Qur’an pada anak-anak di TPA yang ada di Desa Tengah Pisang. Antara lain ustazd memberikan contoh teladan di saat memulai pengajian, bercerita dengan kisah yang mengharukan pada santri dan memberikan perumpamaan yang baik pada santri.
STIT-03345 | 001.43 MUS e | My Library (000) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain