Text
Kompetensi Guru Dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 5 Setia Kabupaten Aceh Barat Daya
Kompetensi guru merupakan kemampuan, keahlian dan keterampilan yang harus dimiliki oleh guru dalam menjalankan proses pembelajaran yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran sampai kepada pengevaluasian. Dalam hal pengevaluasian, seorang guru dikatakan berkompeten rnapabila memahami teknik dan prosedur evaluasi, serta mampu melaksanakan evaluasi sehingga didapat hasil evaluasi yang digunakan untuk memperbaiki proses belajar mengajar. Pelaksanaan evaluasi tersebut dimulai dari perencanaan rnevaluasi, pembuatan soal tes, mengolah dan menganalisis hasil tes hingga menginterpretasi dan menindaklanjuti hasil evaluasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang diterapkan di SD Negeri 5 Setia Kabupaten Aceh Barat Daya? dan bagaimanakah kompetensi guru dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran di SD Negeri 5 Setia Kabupaten Aceh Barat Daya?. Penelitian dalam skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam SD Negeri 5 Setia Kabupaten Aceh Barat Daya dan untuk mengetahui kompetensi guru dalam melaksanakan tugas-tugasnya yang berkaitan dengan evaluasi proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam SD Negeri 5 Setia Kabupaten Aceh Barat Daya. Adapun metode pendekatan yang digunakan adalah deskripsi analisis dengan jenis penelitian lapangan (field research) dan ditunjang oleh referensi-referensi berkaitan dengan tema yang dibahas di skripsi ini. Pada penelitian ini dapat diketahui hasil penelitiannya sebagai berikut : 1) Pelaksanaan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang diterapkan di SD Negeri 5 Setia tergolong baik yaitu 60%. 2) Kompetensi guru dalam pelaksanaan tugas-tugas yang berkaitan dengan evaluasi proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam SD Negeri 5 Setia juga tergolong baik 60%. Dengan demikian dapat disimpulkan kompetensi guru dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dikategorikan sedang, karena rata-rata persentase yang diperoleh berada pada kategori dibawah dari 70%.
STIT-03349 | 001.43 DES k | My Library (000) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain