Text
Manajemen Peningkatan Mutu Layanan di Perpustakaan Daerah Aceh Barat Daya
Pelaksanan manajemen pelayanan perpustakaan masih jauh dari kepuasan masyarakat, adanya masalah koleksi buku kurang lengkap, Sumber Daya Manuasia (SDM) masih belum sesuai dengan ijazah yang dimiliki menurut bidangnya, fasilitas, dan pelayanan makin memperburuk keberadaan perpustakaan. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu (1) Bagaimana strategi pelaksanaan manajemen di Perpustakaan Daerah Aceh Barat Daya, (2) Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat manajemen dalam peningkatan mutu layanan di Perpustakaan Daerah Aceh Barat Daya. (3) Bagaimana upaya pelaksanaan dalam meningkatkan mutu pelayanan di Perpustakaan Daerah Aceh Barat Daya. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan manajemen di Perpustakaan Daerah Aceh Barat Daya. (2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi penghambat manajemen dalam peningkatan mutu layanan di Perpustakaan Daerah Aceh Barat Daya. (3) Untuk mengetahui upaya pelaksanaan dalam meningkatkan mutu pelayanan di Perpustakaan Daerah Aceh Barat Daya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, studi dokumentasi, dan observasi. Hasil dari penelitian ini meliputi pelaksanaan strategi meningkatkan mutu pelayanan perpustakaan di perpustakaan daerah Aceh Barat Daya yaitu perencanaan kerja diperpustakaan, pengorganisasian diperpustakaan, pergerakan diperpustakaan, pengawasan diperpustakaan, pemberdayaan (Empowering) diperpustakaan, prosedur peminjaman buku, pustakawan, sistem layanan. Yang merupakan faktor pendukung yaitu pengisian jabatan (Staffing) diperpustakaan, pengarahan penangganan keluhan, memotivasi, pembinaan minat baca dan promosi diperpustakaan, pelaksanaan aturatan-aturan dan tata tertib yang di buat. Faktor penghambat peningkatan mutu pelayanan perpustakaan daerah Aceh Barat Daya yaitu fasilitas diperpustakaan yang masih kurang lengkap, kelengkapan peminjaman, pengembalian buku/koleksi yang belum tepat waktu dan jumlah buku yang dipinjam dan lama waktu peminjaman terbatas. Sedangkan upaya pelaksanaan dalam meningkatkan mutu pelayanan perpustakaan dilakukan untuk perencanaan mana yang sudah berjalan, perencanaan mana yang tidak biasa berjalan dan mana yang bisa di lanjutkan untuk mengupayakan majunya peningkatan mutu pelayanan perpustakaan. Dari paparan data di atas yaitu pada Sistem layanan, Jam dan hari layanan, Keanggotaan, Ketentuan lainnya.
STIT-03351 | 001.43 DEK m | My Library (000) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain