Text
Peran Kepala Madrasah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran di Madrasah Aliyah Swasta Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya
Kepala Madrasah sebagai supervisor dalam membina guru untuk meningkatkan kinerja guru merupakan salah satu program penting yang harus dilaksanakan oleh kepala madrasah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggung jawab kepala madrasah dalam melaksanakan supervisi dan peran kepala madrasah dalam meningkatkan efektivitas proses pembelajaran di MAS Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis, dan yang menjadi subjek penelitianya adalah kepala madrasah dan guru. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh di lapangan di analisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Tanggung jawab kepala madrasah dalam melaksanakan supervisi adalah membuat perencanaan program supervisi, melaksanakan supervisi dan memanfaatkan hasil supervisi. Jenis supervisi yang digunakan ialah supervisi akademik dan supervisi klinis. (2) Peran kepala madrasah dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran adalah memberikan pelatihan terhadap guru untuk meningkatkan kemampuan mengajarnya dan meperbaiki metode menagajar guru yang dianggap kurang tepat oleh kepala madrasah serta mengupayakan kelengkapan sarana dan media pembelajaran yang diperlukan untuk kelancaran proses pembelajaran.
STIT-03354 | 001.43 NAD p | My Library (000) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain