Text
Pengaruh Bantuan Dana Sosial Terhadap Prestasi Belajar Siswa SDN 6 Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya
Pendidikan merupakan salah satu pilar keberadaan bangsa dalam mempersiapkan generasi masa depan. Perhatian pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan harus terus ditingkatkan terutama dalam membantu para masyarakat yang kehidupan sosial rendah, agar seluruh rakyat indonesia dapat mencicipi manisnya dunia pendidikan, salah satunya adalah mengalokasikan dana bantuan sosial dalam menunjang terbentuknya mutu pendidikan yang lebih baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) apakah dana bantuan sosial berpengaruh pada prestasi belajar siswa SDN 6 Blangpidie?, (2) apakah pengelolaan bantuan dana sosial terhadap prestasi hasil belajar siswa SDN 6 Blangpidie sudah sesuai dengan aturan yang berlaku?, sedangkan tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui:(1) Dana sosial itu berpengaruh bagi prestasi siswa, (2) proses pengelolaan bantuan dana sosial terhadap prestasi hasil belajar siswa SDN 6 Blangpidie. Penelitian ini merupakan kuantitatif dengan rancangan metode deskriptif, sampel dalam penelitian ini adalah 16 orang siswa SDN 6 Blangpidie yang memperoleh langsung dana bantuan sosial. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik wawancara (interview), teknik angket (kuesioner) dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan diperoleh bahwa sebanyak 68,75% siswa menyatakan bahwa dana bantuan yang diberikan di sekolah sangat memberikan pengaruh yang besar terhadap pencapai hasil belajar, kemudian sebanyak 56,25% siswa menyatakan bahwa kepala sekolah dan guru sudah mengelola dengan baik dana bantuan yang diberikan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dana bantuan sosial memberikan pengaruh yang baik terhadap hasil belajar siswa.
STIT-03355 | 001.43 RIS p | My Library (000) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain