Text
Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan di SMP Negeri 1 Jeumpa Aceh Barat Daya
Kepala Sekolah sebagai seorang pemimpin harus mampu memberikan pengaruh kepada orang lain dan harus mampu mempengaruhi orang lain menuju sebuah perubahan. Keberhasilan lembaga pendidikan diantaranya dapat dilihat dari kualitas sumber daya manusia bila sumber daya manusianya bagus maka sudah dipastikan lembaga pendidikan tersebut juga akan berkualitas. Penelitian ini untuk mengetahui peran Kepala dalam meningkatkan manajemen mutu pendidikan di Sekolah SMP Negeri 1 Jeumpa Aceh Barat Daya, untuk mengetahui usaha Kepala Sekolah dalam meningkatkan manajemen mutu pendidikan di SMP Negeri 1 Jeumpa, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan manajemen mutu pendidikan di SMP Negeri 1 Jeumpa Aceh Barat Daya. Penelitian ini mengunakan metode penelitian kualitatif, data yang dikumpulkan melalui, observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang dianalisis mengunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran Kepala Sekolah dalam meningkatkan manajemen mutu pendidikan di SMP Negeri 1 Jeumpa adalah mengutamakan 8 Standar Nasional, penyampaian informasi dan memberikan inovasi-inovasi baru, berperan sebagai edukator, supervisor dan motivator yang mampu mengatur lingkungan kerja yang baik fisik maupun non fisik. Sedangkan usaha Kepala Sekolah dalam meningkatkan manajemen mutu pendidikan di SMP Negeri 1 Jeumpa adalah dengan membuat perencanaan program-program baru, mengerjakan kerja sama yang baik dengan guru-guru dan karyawan, meningkatkan kegiatan ekstra kurikuler Sekolah dan membangun semangat kerja yang tinggi. Faktor pendukung dalam meningkatkan manajemen mutu pendidikan adalah kerja keras Kepala Sekolah, guru sangat mendukung program-program yang diberikan Kepala Sekolah, siswa yang berprestasi dan kerja sama yang baik antara Kepala Sekolah, guru karyawan dan wali murid. Sedangkan faktor penghambat dalam meningkatkan manajemen mutu pendidikan adalah sarana dan prasarana masih belum memadai, kurangnya kesadaran karyawan terhadap kedisiplinan dan kurangnya buku pengajaran di perpustakaan.
STIT-03358 | 001.43 SAF p | My Library (000) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain