Text
Usaha Guru PAI dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Shalat Dhuhur Berjamaah pda Siswa di SMP Negeri 1 Blangpidie
Usaha guru PAI dalam meningkatkan minat dan motivasi siswa untuk pergi shalat berjamaah perlu ditingkatkan, siswa berhasil dalam segi apapun, penyebabnya adalah guru, gurulah faktor pemberhasil pendidikan dan sekaligus menjadi siswa agar berguna bagi keluarganya, agama, bangsa dan Negara. Maka kegigihan guru PAI dalam merubah kemalasan pada siswa jangan sampai luntur dan sirna, dengan demikian ajakan dan nasihat harus disampaikan setiap saat pada siswa. Rumusan masalahnya adalah apa saja bentuk/jenis alasan siswa supaya shalat dhuhur berjamaah tidak dilaksanakannya? bagaimana cara/teknik guru PAI dalam meningkatkan minat dan motivasi shalat dhuhur berjamaah pada siswa? dan apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan shalat dhuhur berjamaah di SMP Negeri 1 Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya? Tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui bentuk/jenis alasan siswa supaya shalat dhuhur berjamaah tidak dilaksanakannya, untuk mengetahui cara/teknik guru PAI dalam meningkatkan minat dan motivasi shalat berjamaah dhuhur pada siswa dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan shalat dhuhur berjamaah di SMP Negeri 1 Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya. Metode penelitian terdiri, metode kajian pustaka dan metode lapangan, terdiri dari angket, observasi dan wawancara. Hasil penelitian yang penulis peroleh adalah, Berbagai macam bentuk/jenis alasan siswa untuk tidak melaksanakan shalat dhuhur berjamaah. Cara/teknik guru PAI dalam meningkatkan minat dan motivasi shalat dhuhur berjamaah pada siswa masih belum efektif adanya. Adanya faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan shalat dhuhur berjamaah di SMP Negeri 1 Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya. Antara lain faktor pendukungnya meliputi lengkapnya fasilitas, sarana dan prasarana, bersemangatnya guru PAI dan siswa. Sedangkan faktor penghambatnya adalah adanya rasa malas pada diri siswadan selalu bosan untuk mengikutinya, serta juga kurangnya kesungguhan dari guru PAI itu sendiri.
STIT-03365 | 001.43 Ern u | My Library (000) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain