Text
Manajemen Sekolah dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Didik di SMK Negeri 3 Abdya
Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemamfaatan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya secara efektif dan efesien untuk mencapai suatu tujuan. Sedangkan manajemen sekolah merupakan proses manajemen dalam pelaksanaan tugas pendidikan dengan mendayagunakan segala sumber secara efesien untuk mencapai tujuan secara efektif. Yang menjadi rumusan masalah dari penelitian ini adalah mengapa kurangnya minat masyarakat untuk melanjutkan pendidikan di SMK Negeri 3 Aceh Barat Daya dan bagaimana perencanaan dan upaya manajemen sekolah dalam meningkatkan jumlah calon peserta didik di SMK Negeri 3 Aceh Barat Daya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa penyebab kurangnya minat masyarakat untuk melanjutkan pendidikan di SMK Negeri 3 Aceh Barat Daya dan untuk mengetahui bagaimana perencanaan dan upaya manajemen sekolah dalam meningkatkan jumlah calon peserta didik di SMK Negeri 3 Aceh Barat Daya. Analisis data dengan menggunakan metode deskriptis analisis. Kemudian menganalisa data yang diambil dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurangnya minat masyarakat untuk melanjutkan pendidikan di SMK Negeri 3 Aceh Barat Daya di pengaruhi oleh kurang baiknya image masyarakat terhadap SMK Negeri 3 Aceh Barat Daya, dikarenakan sekolahnya asal-asal, kepedulian guru terhadap murid masih kurang, tidak disiplin, pakaian tidak teratur, kualitas lulusan kurang memuaskan masyarakat, sehingga para orang tua siswa tidak yakin untuk menyekolahkan anak mereka di SMK Negeri 3 Aceh Barat Daya. Dalam perencanaan dan upaya manajemen sekolah dalam meningkatkan calon peserta didik baru, pihak sekolah SMK Negeri 3 Aceh Barat Daya tidak ada melakukan sosialisasi ke sekolah SLTP sederajad untuk mempromosikan dan mengajak siswa SLTP untuk melanjutkan sekolah di SMK Negeri 3 Aceh Barat Daya. Mereka hanya membuat Spanduk atau baliho informasi penerimaan siswa baru.
STIT-03369 | 001.43 MAS m | My Library (000) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain