Text
Pengelolaan Manajemen Sarana dan Prasarana di MAS Tangan-Tangan Kabupaten Aceh Barat Daya
Sebuah lembaga pendidikan harus menyadari bahwa keberhasilan proses pembelajaran di sekolah sangat dipengaruhi tersedia tidaknya kelengkapan sarana pendidikan. Sarana dan prasarana pembelajaran di MAS Tangan-Tangan belum dapat dikelola dengan maksimal. Sebagian besar, kurang adanya memperhatikan masalah perencanaan, penyediaan ataupun pengadaan, dan pemeliharaan sarana dan prasarana sekolah. Selain sarana dan prasarana yang kurang memadai, manajemen pengelolaan sarana dan prasarana yang ada juga perlu diperhatikan. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan pengelolaan sarana dan prasarana MAS Tangan-Tangan. Apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam pengelolaannya dengan sarana dan prasarana yang terbatas. Penelitian ini dilaksanakan di MAS Tangan-Tangan Kabupaten Aceh Barat Daya dengan waktu penelitian selama 10 bulan dimulai dari bulan April sampai dengan bulan Desember 2018. Yang menjadi subjeknya adalah kepala madrasah dan 2 orang guru. Dengan menggunakan metode penelitian lapangan (field research) melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian deskripftif kualitatif. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan penulis menemukan bahwa dalam pengelolaan sarana dan prasarana, dengan cara mengadakan sarana dan prasarana berdasarkan kebutuhan, dan itu pun dikelola dengan hati-hati. Dalam menjaga agar sarana dan prasarana agar selalu terjaga dan terawat yaitu dengan cara saling menjaga, membuat aturan tertib madrasah dan memberi peringatan kepada murid agar tidak merusak sarana belajar, kemduian faktor pendukang dalam pengelolaan sarana dan prasarana adalah adanya dukungan masyarakat dan bantuan donatur serta bantuan serta dukungan dari orang tua siswa. Sedangkan faktor penghambatnya adalah minimnya biaya, minimnya tenaga pengajar yang berstatus PNS, belum memiliki tanah dan bangunan milik sendiri serta status akreditasi madrasah.
STIT-03373 | 001.43 RAB p | My Library (000) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain