Text
Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MIS Blang Dalam Babahrot Kabupaten Aceh Barat Daya
Kepala madrasah harus mempunyai kepribadian atau sifat-sifat dan kemampuan serta keterampilan-keterampilan untuk memimpin sebuah lembaga pendidikan. Kepala sekolah mempunyai tanggung jawab dan peran besar untuk meningkatkan kinerja guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar di kelas. Adapun yang menjadi rumusan peneliti ini ingin mengetahui bagaimana gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di MIS Blang Dalam Babahrot. Bagaimana kinerja guru di MIS Blang Dalam Babhrot. Bagaimana dampak gaya kepemimpinan kepala madrasah terhadap peningkatkan kinerja guru di MIS Blang Dalam Babahrot Aceh Barat Daya. Penelitian ini dilaksanakan di MIS Blang Dalam Babahrot Kabupaten Aceh Barat Daya dengan waktu penelitian selama 4 bulan, dimulai dari bulan Agustus sampai dengan bulan November 2018, yang menjadi subjeknya adalah kepala sekolah dan guru. Dengan menggunakan metode penelitian lapangan (field research) melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif kualitatif Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwasanya gaya kepemimpinan kepala MIS Blang Dalam Babahrot Kabupaten Aceh Barat Daya termasuk dalam gaya kepemimpinan yang demokratis. Kinerja para guru di MIS Blang Dalam Babahrot Kabupaten Aceh Barat Daya sudah cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari guru semakin disiplin dalam masuk kelas, bertambah pengetahuan dan keterampilan guru dalam menyusun perangkat pembelajaran, perkembangan ketepatan guru dalam menyampaikan materi, serta semakin variatif dalam menggunakan metode serta media pembelajaran. Penerapan gaya kepemimpinan kepala madrasah yang demokratis dikatakan berhasil atau memberikan dampak positif bagi para guru. Terutama dalam proses belajar mengajar di kelas, guru terus mengalami perkembangan kearah yang lebih baik serta adanya suatu peningkatan kinerja oleh para guru.
STIT-03375 | 001.43 ARI g | My Library (000) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain