Text
Upaya Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kemampuan Penguasaan TIK Pada Guru di MIN 4 Kabupaten Aceh Barat Daya
Penelitian ini dilakukan di MIN 4 Aceh Barat Daya. Untuk menunjang kelancaran proses pembelajaran di Madrasah diperlukan suatu bagian yang mendukung kegiatan tersebut yaitu konsep TIK, dalam hal ini Kepala Madrasah harus menguasai kondisi sekolah, mampu memperlancar dan meningkatkan kualitas pendidikan serta kualitas guru. Adapun yang menjadi rumusan masalah apakah guru di MIN 4 Aceh Barat Daya sudah menguasai TIK, apa saja program yang dilakukan oleh Kepala Madrasah dalam meningkatkan kemampuan penguasaan TIK pada guru di MIN 4 Aceh Barat Daya. Adapun Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah guru di MIN 4 Aceh Barat Daya sudah menguasai TIK dan program apa saja yang dilakukan oleh Kepala Madrasah dalam meningkatkan kemampuan penguasaan TIK pada guru di MIN 4 Aceh Barat Daya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif yang dilakukan melalui observasi, wawancara. Berdasarkan hasil penelitian bahwa para guru masih terhambat dalam mengoperasikan komputer dan menerapkannya untuk kegiatan yang dilakukan, dimana fasilitas yang tersedia sangat terbatas, faktor usia didalam keterlambatan berfikir dan mencerna, dan kurangnya pengawasan serta pembinaan dari Kepala Madrasah terhadap para guru sehingga para guru sulit untuk mengembangkannya. Sedangkan program yang dilakukan Kepala Sekolah dalam meningkatkan kemampuan penguasaan TIK pada guru di MIN 4 Aceh Barat Daya yaitu mengirim guru untuk melakukan pelatihan guru, seminar, worksop mengenai TIK, mengikutsertakan guru dalam diklat, mengadakan kegiatan pelatihan dan sosialisasi bagi seluruh guru dengan mendatangkan nara sumber, dan melengkapi berbagai sarana dan media yang dapat menunjang perkembangan serta pengetahuan para guru.
STIT-03384 | 001.43 DES u | My Library (000) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain