Text
Implementasi Metode Student Fasilitator and Explaining untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran PAI di Kelas XI SMA Negeri 2 Aceh Barat Daya
Hasil observasi awal peneliti pada kegiatan pembelajaran PAI di di kelas XI IS 1 SMA Negeri 2 Aceh Barat Daya pada tanggal 21 November 2015 menunjukkan bahwa guru PAI menerapkan metode ceramah dan diskusi. Pembelajaran dimulai dengan penjelasan materi oleh guru, dilanjutkan dengan tanya jawab dan kemudian diskusi mengerjakan soal-soal. Dalam belajar siswa lebih banyak mendengarkan guru menjelaskan materi dan mencatat. Sangat sedikit kesempatan untuk bertanya dan mengajukan pertanyaan. Rata-rata nilai siswa mencapai ketuntasan belajar pada mata pelajaran PAI di bawah KKM yaitu 65. Untuk menyelesaikan masalah tersebut perlu adanya model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu metode student fasilitator and explaining. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana implementasi metode student fasilitator and explaining pada pembelajaran PAI di kelas XI SMA Negeri 2 Aceh Barat Daya?; (2) bagaimana hasil belajar siswa setelah implementasi metode student fasilitator and explaining pada pembelajaran PAI di kelas XI SMA Negeri 2 Aceh Barat Daya?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) implementasi metode student fasilitator and explaining; (2) hasil belajar siswa pada pelajaran PAI setelah penerapan metode student fasilitator and explaining. Sedangkan hipotesis dalam penelitian ini adalah: (1) Implementasi metode student fasilitator and explaining dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PAI; (2) Implementasi metode student fasilitator and explaining dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Rancangan penelitian menggunakan desain penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IS-1 SMA Negeri 2 Aceh Barat Daya tahun pelajaran 2015 – 2016 yang berjumlah 27 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan test tertulis, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi metode student fasilitator and explaining dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PAI dengan nilai rata-rata test pada pra siklus adalah 62,22 dengan ketuntasan belajar 29,62%. Siklus I adalah 72,60 dengan ketuntasan belajar 70,37%. Siklus II adalah 80,74 dengan ketuntasan belajar 92,59%; (2) Aktivitas siswa dalam Implementasi metode student fasilitator and explaining pada pembelajaran PAI mengalami peningkatan tiap siklus nya dengan persentase 96,2% pada siklus I dan 99,00% pada siklus II.
STIT-03388 | 001.43 LEN i | My Library (000) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain